Mulai Benahi Saluran Drainase Pasar

Mulai Benahi Saluran Drainase Pasar
SAMPANG-Guna menyukseskan Gerakan Sampang Kotaku Bersih dan Hijau (GSKBH), Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sampang mulai merambah pasar. Sejak lima hari terakhir, BLH terlihat sibuk membenahi saluran drainase (saluran air) di sekitar Pasar Srimangunan Sampang. Sebab kondisinya mulai mendangkal karena segmentasi.

"Kami sudah membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di dalam saluran pembuangan sekitaran pasar. Tinggal beberapa titik terparah saja yang belum rampung dibersihkan," ujar Kepala BLH Kabupaten Sampang Aji Waluyo.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Kebersihan dan Persampahan HM. Zusyantoro. Pembersihan yang mengerahkan kurang lebih 40 personel ini, tuturnya, akan rampung sekitar empat hari lagi.

"Masih ada sekitar 40 meter lagi saluran yang belum kami garap. Tetapi kami akan usahakan secepat mungkin penyelesaian pembersihan saluran drainase ini," tegas Zusyantoro.

Untuk mengantisipasi menumpuknya kembali sampah dan segmentasi lumpur pada saluran drainase di sekitaran pasar, BLH menutup semua lubang kontrol pembuangan limbah pasar. "Untuk setiap titik rawan sampah, saluran drainasenya akan kami tutup. Lalu lubang pembuangan limbahnya diberi sarangan untuk menyaring sampah-sampah yang ada agar tidak ikut masuk ke dalam saluran pembuangan," jelas Acik, koordinator Normalisasi Saluran Pasar.

Di lain kesempatan, Aji Waluyo berharap bukan pihaknya saja yang berkiprah dalam aksi bersih-bersih ini. Masyarakat pun seharusnya ikut menyukseskan GSKHB. Khusus untuk warga Pasar Srimangunan, Aji Waluyo mengimbau agar masyarakat turut menjaga kebersihan pasar setiap harinya. Caranya, membuang sampah pada tempatnya.

Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan sarana seperti kontainer, transfer depo, dan bak komunal yang tersebar di berbagai tempat strategis di pasar Srimangunan. "Kami mengharap partisipasi masyarakat agar turut serta menjaga kebersihan dan keindahan Kota Sampang untuk mewujudkan Sampang Bahari," pungkas Aji Waluyo.
Sumber Klik disini
0 Responses

Posting Komentar

Untuk informasi lebih lanjut
hubungai segera
sobat evolusi.net
Jl. Imam Bonjol 21 H
Sampang-Madura-Jawa Timur-Indonesia 69212
email : sampang.bahari@yahoo.com