Ratusan Nelayan Tolak Alih Fungsi PPI

Sampang, Bappeprop Jatim News

Ratusan nelayan yang mengatasnamakan nelayan se-Kabupaten Sampang melakukan aksi di kantor DPRD Sampang. Mereka menolak alih fungsi Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) yang seharusnya untuk nelayan malah disewakan Pemkab Sampang pada PT Santos dengan harga Rp60 miliar.

Ratusan massa tersebut terdiri dari nelayan Mandangi, nelayan Camplong, dan nelayan Pangarengan, se-kabupaten sampang. Aksi nelayan ini, dimulai dengan aksi longmarch dari jalan KH Hasyim Asyari Sampang menuju kantor DPRD Sampang.

Di sepanjang jalan, mereka membentangkan poster, spanduk dan memberikan selebaran pada warga yang sedang melintas di jalan raya. Adapun isi tuntutan diantaranya, proyek (PPI) Rp60 miliar untuk rakyat kembalikan kepada rakyat, Pemkab jadi budak asing, alih fungsi (PPI) membuat negara dirugikan, PT Santos penjajah membuat nelayan resah, dan sebagainya.

Setelah berorasi selama dua jam di depan kantor DPRD, mereka masuk ke gedung dewan untuk berdialog langsung dengan anggota dewan, terkait dengan status PPI yang sudah dialih fungsinkan dari milik nelayan disewakan pada PT santos.

Selama berdialog dengan anggota dewan, massa ditemui langsung ketua DPRD KH ABD Muin dan sejumlah jajaran anggota dewan yang lain untuk berdialog. Namun sayang selama proses dialog, M. Sayuti selaku wakil ketua DPRD menegaskan bahwa anggota dewan dalam hal ini, tidak diberitahukan secara resmi terkait dengan status (PPI), sehingga hal ini sepenuhnya menjadi wewenang penuh badan eksekutif. Tidak puas dengan penjelasan anggota legislatif, massa pun langsung melanjutkan aksinya ke kantor pemkab sampang untuk menemui Bupati Noer Tjahja. Karena kecewa dengan jawaban yang diberikan DPRD terkait dengan status PPI yang telah di sewakan pemkab pada pihak tertentu.

Sayangnya, Bupati Sampang Noer Tjahja, berikut pejabat lainnya tidak berada di tempat dengan alasan ada rapat di luar kota. Massa berjanji akan kembali melakukan aksi yang lebih besar lagi, hingga Bupati sampang Noer Tjahja memberikan penjelasan secara rasional pada masyarakat nelayan.

Sumber klik disini
Picture |
0 Responses

Posting Komentar

Untuk informasi lebih lanjut
hubungai segera
sobat evolusi.net
Jl. Imam Bonjol 21 H
Sampang-Madura-Jawa Timur-Indonesia 69212
email : sampang.bahari@yahoo.com